Uncategorized

TINGKAT KOMSUMSI TELUR AYAM KAMPUNG DI MASAYARAKAT

Mengkonsumi telur penting untuk kesehatan, dengan beragam nutrisi yang terkandung sebagai sumber protein, mineral dan vitamin, sehingga telur menjadi sumber gizi yang baik untuk kesehatan. Telur yang populer banyak dijumpai dan sering di komsumsi masyarakat adalah telur ayam negeri, dengan harga harga dan ketersediaannya dipasar. Namun, berbeda dengan tingkat komsumsi telur ayam kampung di masyarakat. Badan Pusat Statistika pada data terbaru yang diperbarui Februari 2024 menunjukkan data rata-rata komsumsi per kapita seminggu pada telur ayam ras/kampung pada tahun 2023 mengalami penurunan 2,212 kg dari tahun 2022 sebanyak 2,336 kg. Kenaikan harga harga telur ayam kampung dilansir dari bisik.id telur ayam kampung naik 1,27% di Jawa Timur 07 Oktober 2024 dengan harga 45.877/kg.

Permintaan tingkat komsumsi telur berkaitan dengan harga, masyarakat dapat menjangkau sesuai dengan pendapatan. Pendapatan yang meningkat berpengaruh terhadap permintaan telur. Adapun sisi pandang masyarakat yang menilai ayam kampung hanya memakan dari bahan-bahan alami seperti biji-bijian, cacing, hingga ulat dan pemeliharanya yang dilepaskan di per karangan dengan sistem umbaran kampung lebih alami. Sehingga menganggap telur ayam kampung lebih sehat dibandingkan telur ayam negeri, karna penggunaan pakan yang alami. Namun ketersediaan telur yang lebih sedikit karna produksi telur yang lebih rendah jika dibandingkan dengan ayam ras, dan pertumbuhannya lama sehingga waktu pemeliharaan relatif lambat. Telur ayam kampung dikenal dengan kandungan Omega 3 yang tinggi penting untuk kecerdasan dan kesehatan. Diharapkan pula semakin meningkat pula tingkat komsumsi telur ayam kampung di kalangan masyarakat.

Penulis : Martha Pereira

Sumber :
https://www.bisik.id/read/harga-sembako-hari-ini-telur-ayam-kampung-naik-127percent-di-jatim-1728618354915
https://www.bps.go.id/id/statistics-table/1/OTUwIzE=/rata-rata-konsumsi-per-kapita-seminggu-beberapa-macam-bahan-makanan-penting–2007-2023.html
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Sumber Gambar :

Telur Ayam Kampung

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.